FAKULTAS HUKUM

Fakultas Hukum Universitas Mataram resmi menjadi bagian dari Universitas Mataram berdasarkan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 1/1967, tanggal 25 Januari 1967 dengan nama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat Universitas Negeri Mataram. Fakultas ini semula dikelola oleh yayasan Sangkareang. Sejak semula Fakultas ini di hajatkan  untuk meningkatkan sumber daya manusia masyarakat NTB  yang ketika itu baru terbentuk.

Sampai saat ini Fakultas Hukum Universitas Mataram telah mampu menyediakan pendidikan hukum bagi bangsa Indonesia, karena telah menjadi pilihan bagi tamatan SLTA dari seluruh Indonesia.

Fakultas Hukum Universitas Mataram  tidak hanya menyelenggarakan Pendidikan Strata 1 (S-1) reguler tetapi juga non reguler, prosedur penerimaan mahasiswa kelas non reguler ditentukan atas dasar kebijaksanaan Universitas Mataram (Fakultas Hukum) sendiri.

Fakultas Hukum terdiri dari 6 bidang studi yaitu Hukum Perdata, Hukum Ketatanegaraan, Hukum Acara, Hukum Pidana, Hukum Masyarakat, Hukum Bisnis, 1 bidang studi Non Reguler (Ilmu Hukum).

TUJUAN

Tujuan Pendidikan tinggi program sarjana bidang ilmu hukum adalah menyiapkan peserta didik atau mahasiswa menjadi Sarjana Hukum yang :

(a)     Menguasai Hukum Indonesia;

(b)     Menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar-dasar kemahiran kerja untuk mengembangkan Hukum dan Ilmu Hukum serta mampu mengikuti perkembangan Hukum dan Ilmu Hukum;

(c)     Mengenal dan peka akan masalah-masalah keadilan dan masalah-masalah  kemasyarakatan;

(d)     Mampu menganalisis masalah-masalah hukum dalam masyarakat

(e)     Mampu menggunakan Hukum dan Ilmu Hukum sebagai sarana untuk memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan dengan arif dan bijaksana dan tetap berdasarkan pada prinsip-prinsip hukum.

LAMA STUDI

Kuliah di Fakultas Hukum untuk program S-1 dapat ditempuh dalam 8 s.d 14 semester dengan menyelesaikan 144 – 162 SKS.

DAYA TAMPUNG

Daya tampung  yang disediakan  untuk tahun ini  berjumlah 330 orang untuk kelas reguler yang terdiri dari 275 orang melalui SNMPTN dan 55 orang melalui PMJK. Untuk kelas non reguler disediakan sejumlah 200 orang.

TENAGA PENGAJAR

Dosen Fakultas Hukum Universitas Mataram berjumlah 93 orang, 1 orang bergelar Guru Besar, 7 orang dosen bergelar doktor/S-3, sebagian besar berpendidikan S-2 berjumlah 70 orang, beberapa orang dosen sedang menyelesaikan pendidikan doktor dan beberapa orang dosen sedang menyelesaikan pendidikan magister. Untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, ditetapkan dosen pembimbing akademik bagi setiap mahasiswa, bimbingan dosen diselenggarakan dengan tujuan agar pada akhirnya mahasiswa dapat berdiri sendiri.

FASILITAS

Semua fasilitas untuk penyelesaian pendidikan disediakan di Fakultas Hukum Universitas Mataram

  • Fasilitas pendukung Pendidikan yang disediakan adalah  Laboratorium Hukum yaitu tempat menganalisis  kasus-kasus hukum yang terjadi dimasyarakat, sekaligus mempraktikkannya, melalui  simulasi advokad.
  • Bagi mahasiswa yang berprestasi  dan diutamakan untuk mahasiswa yang kurang mampu diberikan bea-siswa untuk menyelesaikan pendidikannya.
  • Mata kuliah disamping diselenggarakan di kelas juga ada mata kuliah yang diselenggarakan dengan jalan magang, sehingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga praktiknya. Untuk mata kuliah praktik ini diprogramkan oleh mahasiswa pada semester akhir.

PROSPEK LULUSAN

Kesempatan memperoleh pekerjaan  bagi Sarjana Hukum sangatlah luas, karena setiap kegiatan manusia beradab memerlukan hukum dalam kehidupannya yang teratur. Adapun profesi hukum yang berkembang saat ini adalah :

  • Notaris dan PPAT
  • Konsultan Hukum dan Perdagangan
  • Pengacara, Advokad, Perbankan
Advertisements